10 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

10 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia


Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna, salah satu alasannya karena memiliki Otak dengan kemampuan terbaik jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Otak adalah organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia, dan mungkin juga merupakan ciptaan Allah yang tercanggih pada alam semesta ini. Otak berfungi seperti perangkat penyimpanan yang menyimpan suatu kenangan yang paling dihargai pemiliknya, karena jika kenangan kurang berharga biasanya mudah dilupakan.

Kepribadian seseorang juga dipengaruhi oleh otak, serta kesadaran manusia yang memberikan gairah, gerak dan emosi. Otak juga merupakan sebuah pusat komando untuk semua sistem saraf. Ini hanya beberapa peranan penting yang dikerjakan otak manusia, tapi hal yang paling menakjubkan tentang otak manusia adalah banyak fakta yang kurang dikenal oleh banyak orang, 10 diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Otak adalah satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang tidak memiliki saraf meskipun fakta bahwa ia bertindak sebagai komando pusat untuk sistem saraf. Dan ini berarti bahwa, otak manusia tidak merasakan sakit.

2. Otak manusia mengkonsumsi porsi terbesar dari total energi yang dihasilkan dalam tubuh manusia. Lebih tepatnya, otak mengkonsumsi 20% energi yang terlepas dari kenyataan bahwa itu hanya mewakili hanya 2% dari total berat badan. Energi sangat penting untuk menjaga sel-sel otak agar tetap sehat dan memicu kemampuan saraf.

3. Jumlah neuron (Sel dalam sistem saraf manusia) yang ada dalam otak sekitar 100 miliar. Semakin tinggi tingkat neuron maka semakin baik kemampuan otak.

4. Otak manusia merupakan organ paling gemuk pada tubuh manusia. Sekitar 60% dari otak manusia terdiri dari lemak yang merupakan konsentrasi tertinggi lemak yang hadir dalam organ tunggal dalam manusia yang sehat. Selain itu, 75% dari massa otak total terdiri dari air yang mengatur berbagai fungsi di otak.

5. Neokorteks adalah bagian dari otak manusia yang bertanggung jawab untuk bahasa dan kesadaran. Ini membuat sampai sekitar 76% dari otak manusia dan menjadikannya terbesar bila dibandingkan dengan hewan lainnya.

6. Hal yang banyak diketahui oleh kebanyakan orang adalah manusia menggunakan kurang dari 10% dari otak mereka. Ini adalah asumsi yang salah karena masing-masing bagian otak memiliki fungsi yang diketahui dan bekerja sebagai mana mestinya.

7. Pada awal kehamilan, neuron diproduksi sekitar 250.000 neuron per menit.

8. Sekitar 15-20% (750ml) darah dipompa jantung ke otak setiap menit.

9. Energi yang dikonsumsi oleh otak kira-kira 25 watt yang cukup untuk menerangi lampu.

10. Otak manusia tidak sempurna seperti yang kita lihat, banyak kasus ditemukan untuk menipu manusia membuat mereka untuk melihat hal-hal yang berbeda dari kenyataan.
Previous
Next Post »