PROGRAM UTILITAS | Pengertian, jenis dan macamnya

PROGRAM UTILITAS

Utility Program


Program utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik.

Kebanyakan perangkat keras utilitas ini dibuat secara khsus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.

Program utilitas terdiri dari 16 Macam yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

Program Utilitas Internal (bawaan), diantaranya:
a. File Manager
b. Personal Firewall
c. Disk Defragmenter
d. Utilitas Backup
e. Utilitas Diagnostik
f. Image Viewer 
g. Disk Scanner
h. Uninstaller
i. Screen Saver
j. Kriptografi Utilitas

Program Utilitas Eksternal, diantaranya:
a. Registry Cleaner
b. Anti virus (Virus Scanner)  
c. Spyware Remover 
d. Internet Filter 
e. Kompresi file


f. CD/DVD Burning

Untuk melihat contoh, fungsi, dan cara kerja dari ke 16 Program utilitas tersebut baca selengkapnya di artikel 16 Program Utilitas
Previous
Next Post »