Pengenalan Pemrograman C++ dan Download Software Compiler Free

Pengenalan Pemrograman C++

Sejarah C++

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C with class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. 

Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows.  
Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ , Zortech C++, dan juga Bloodshed Dev C++ yang mana program inilah yang kita gunakan pada pembuatan program dengan bahasa C++ pada makalah ini.


Tentang C++

C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP. Reputasi C tidak diragukan lagi dalam
menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat, antarmuka (interfacing) yang sederhana dengan bahasa lain dan fleksibilitas pemrograman. Apa yang membuat C tampak sukar dipelajari mungkin karena tiadanya pemeriksaan tipe. Sebagai contoh, dapat mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, dapat mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.

Penulisan / Deklarasi Dalam Bahasa C++

1. Penulisan Komentar
Terdapat 2 macam cara penulisan komentar dalam bahasa C++
Tipe 1 → Menggunakan  “/* tempat komentar */” , bisa mengapit lebih dari satu baris.
Tipe 2 → Menggunakan // tempat komentar , hanya bisa digunakan perbaris.

2. Penulisan Pernyataan
Setiap akhir dari penulisan pernyataan harus diakhiri dengan adanya semicolon  “; “.

3. Penulisan Header
Pada penulisan header / include diawali dengan “#” dan tidak diakhiri dengan semicolon karena bukan merupakan pernyataan.

4. Penulisan Fungsi
Penulisan fungsi adalah seperti nama_fungsi (pernyataan), tetapi fungsi yang harus dideklarasikan atau harus ada didalam program adalah fungsi main( ), karena fungsi inilah yang pertama kali dijalankan oleh compiler.

Compiler C++

Compiler bahasa pemrograman C++ yang populer digunakan dan bisa didapatkan secara gratis diantaranya Borland C++ dan Dev C++.


Previous
Next Post »