Pengertian dan Macam-Macam Header Dalam C++

Pengertian dan Macam-Macam Header Dalam C++

Header

File header adalah sebuah file yang digunakan untuk mendefinisikan beberapa file macro, fungsi, variabel dan konstanta. File header nantinya akan mengandung beberapa fungsi atau perintah yang akan digunakan dalam program. File header ini sangat penting, karena beberapa perintah tidak akan dapat dijalankan jika file header yang mendukung perintah tersebut tidak ditulis dalam program. File header ini memiliki ciri bereksistensi “.h” dan diarahkan oleh preprocessor dirrective #include sebagai gambaran kepada kompilator bahwa beberapa fungsi yang terdapat dalam file header tersebut diikutkan dalam pembuatan program. Berikut ini beberapa contoh file header yang sering digunakan pada bahasa C++:


stdio.h

File header ini merupakan singkatan dari standar input output. Jadi sudah jelas kalau perintah yang ada dijadikan sebagai standar input dan output. Contoh perintah : scanf, gets, printf, puts, putchar.

iostream

File header ini ditulis dengan diikuti using namespace std;. Memiliki beberapa perintah umum seperti cout untuk output dan cin untuk input.

stdlib.h

File header stdlib.h menjabarkan beberapa fungsi umum dan marco termasuk manajemen memori dinamis, menjalin komunikasi dengan perangkat sekitar, membuat bilangan secara random, aritmatika bilangan integer, pencarian, pengurutan dan pengkonversian.

conio.h

File header ini merupakan singkatan dari Console Input and Output dan digunakan untuk membuat teks antarmuka pengguna. Contoh perintah : getchar, getch, getche, clrscr().

math.h

File header ini mengandung beberapa fungsi yang berhubungan dengan matematika. Contoh fungsi : sqrt(), po(), log10(), sin().

string.h

File header ini digunakan untuk memanipulasi sting dan array. Contoh fungsi : strcpy(), strlen(), strcat().

Previous
Next Post »